10 Kuliner Semarang Legendaris yang Super Enak

Apa yang dicari pertama kali ketika mengunjungi kota Semarang? Sudah dapat dipastikan bahwa Anda pasti penasaran dengan kuliner Semarang dan ingin segera mencicipinya.

Eits, jangan terburu-buru. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa saja kuliner Semarang. Riset satu per satu tentang makanan apa saja yang tidak ada matinya meskipun zaman telah berubah. Setelah itu, Anda bisa berburu kuliner di mana saja selama masih berada di kota Semarang.

Lalu, apa saja kuliner semarang yang melegenda dan tak ada matinya sampai sekarang? Berikut adalah ulasannya.

1. Babat Gongso

Kuliner Semarang yang paling terkenal dan tidak ada matinya adalah babat gongso. Ini merupakan salah satu pilihan kuliner legendaris yang tidak boleh terlewatkan.

Kenapa dinamakan dengan babat gongso? Sesuai dengan proses pembuatannya, babat gongso diolah dengan cara ditumis atau “gongso”. Adapun babat yang digunakan untuk makanan khas Semarang ini adalah babat yang empuk dan gurih. Babat tersebut diolah dengan cara khusus untuk menghilangkan bau amis. Penggiat kuliner akan membutuhkan jahe, lengkuas, dan daun salam.

Setelah matang dengan sempurna, babat gongso dibumbui dengan kecap manis, gula, dan garam. Biasanya, kuliner Semarang yang satu ini disajikan bersama nasi goreng khas Semarang.

2. Belibis Goreng

Jika Anda berjalan-jalan ke kota Semarang, jangan heran apabila Anda banyak menemukan restoran “Iwak Manuk” di sepanjang jalan yang berarti burung goreng. Ya, Semarang memang terkenal dengan kuliner berbahan dasar burung seperti belibis goreng.

Burung belibis memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan empuk dibandingkan daging burung lainnya. Ini karena daging burung belibis dimasak dalam waktu yang lama dengan api kecil.

Rasanya yang begitu nikmat berasal dari beragam bumbu yang unik. Anda bisa menikmati berbagai jenis menu burung belibis goreng seperti belibis goreng cabai hijau, belibis goreng rica-rica, belibis panggang, dan belibis kecap.

3. Garang Asem

Garang asem adalah kuliner Semarang berupa olahan ayam kampung dengan beragam bumbu khusus. Komposisinya terdiri dari ayam, santan, cabai, belimbing wuluh, dan beberapa pelengkap lainnya.

Biasanya, garang asem dibungkus dalam daun pisang. Nantinya, garang asem dihidangkan bersama nasi hangat, jeroan ayam, tempe, dan perkedel.

4. Gudangan

Kuliner Semarang yang satu ini terbuat dari beraneka ragam jenis sayuran. Semua sayuran tersebut diolah dengan cara direbus, lalu dihidangkan dalam piring besar dan ditaburi dengan kelapa parut. Umumnya, gudangan disajikan pada acara besar, syukuran, atau hajatan. Namun, Anda tetap dapat menikmati gudangan di restoran yang ada di Semarang.

Gudangan adalah kuliner khas Semarang yang mudah untuk dibuat. Biasanya, orang-orang menggunakan kacang panjang, wortel, kubis, kecambah, adas, dan ketela muda. Sayuran tersebut dimasak dengan cara direbus.

Untuk penyajiannya, gudangan ditaburi dengan kelapa parut. Sebelumnya, kelapa parut tersebut dicampur dengan aneka bumbu seperti bawang putih, kencur, daun jeruk, garam, gula jawa, dan cabai rawit.

5. Nasi Ayam

Nasi ayam merupakan kuliner Semarang selanjutnya. Ini tentunya bukan sekedar nasi yang dihidangkan bersama aneka olahan ayam. Akan tetapi, makanan khas Semarang yang satu ini dihidangkan bersama pelengkap lainnya yang memberikan kenikmatan luar biasa.

Nasi ayam Semarang terdiri dari nasi liwet, suwiran ayam, telur puyuh rebus, usus, sambal goreng jipan, dan kuah opor. Penyajiannya cukup terbilang sederhana dan tradisional karena menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

6. Manggut Kepala Manyung

Sesuai dengan namanya, kuliner Semarang yang satu ini berbahan dasar kepala ikan dan daging Manyung itu sendiri. Manggut kepala manyung diolah dengan bumbu khusus sehingga memberikan cita rasa yang gurih dan menggugah selera.

Biasanya, manggut kepala manyung diolah bersama bahan-bahan lainnya seperti santan, cabai merah, dan tomat.

7. Mie Kopyok

Bagi Anda pecinta mie sejati, jangan lupa untuk mencicipi mie kopyok ketika berada di Semarang. Ini merupakan kuliner legendaris berbahan dasar mie asli Semarang.

Dalam satu porsi mie kopyok, Anda dapat menikmati sajian mie yang lezat, lontong, tetelan daging, tahu, dan kerupuk yang terbuat dari nasi atau gendar. Keunikan mie kopyok ini terletak pada kuahnya di mana kuah mie kopyok tersebut terdiri atas bumbu putih, kecap, dan bawang goreng.

8. Tahu Gimbal

Ini merupakan salah satu kuliner Semarang berbahan dasar tahu. Sekilas, tahu gimbal terlihat seperti hidangan batagor karena disiram dengan sambal kacang. Tenyata itu tidak sama karena komposisinya yang berbeda.

Hidangan tahu gimbal terdiri atas tahu yang digoreng, irisan kol, tempe, dan gimbal. Gimbal sendiri merupakan campuran udang, ikan, dan tepung yang digoreng kering. Jika ditiriskan, bentuknya akan terlihat seperti gimbal.

Tahu gimbal memiliki rasa yang begitu nikmat. Pas disantap teruntuk Anda yang menyukai perpaduan cita rasa pedas dan manis dalam satu santapan.

9. Tahu Petis

Tahu petis merupakan kuliner Semarang berbahan dasar tahu lainnya. Jika dilihat dari namanya, kuliner legendaris yang satu ini diisi dengan petis atau air rebusan udang dan ikan. Air rebusan tersebut dipanaskan dengan tambahan tepung kanji, gula, dan tinta cumi. Semua bahan dimasak hingga mengental menyerupai saus yang berwarna kehitaman.

Meskipun berwarna kehitaman, petis tetap sedap dinikmati dengan sensasi gurih dan manis dalam satu sentuhan. Anda juga bisa menambah cabe rawit untuk memberikan sensasi pedas.

10. Tahu Pong

Sekilas, tahu pong terlihat sama seperti tahu bulat. Bentuknya bulat tanpa isian di dalamnya atau kopong. Meskipun begitu, sebenarnya tahu pong bukanlah tahu bulat yang digoreng dadakan. Tahu pong disajikan spesial dengan beragam pelengkap seperti bakwan udang, irisan acar, dan sambal rawit atau sambal petis.

Untuk pembuatannya, tahu pong diproses menggunakan tahu khusus yang digoreng dalam minyak panas. Sehingga nantinya tahu tersebut terasa begitu renyah ketika dimakan.

Nah, itulah sepuluh kuliner Semarang yang tidak pernah ada matinya meskipun zaman sudah maju dan makanan hits semakin merajai dunia kuliner. Jika Anda sedang berada di Semarang, sempatkan diri menghabiskan waktu untuk berburu makanan khas Semarang. Jangan sampai terlewatkan yaaa…

Ngiler banget kan lihatnya? jika kamu penasaran ingin mencicipi beberapa kuliner semarang yang legendaris, PM Travel bisa membantu kamu jika kesulitan transportasi, karena PM Travel sebagai Agen Travel Semarang Purwodadi menyediakan sewa mobil khusus untuk kamu. Cek tarif PM Travek via whatsapp disini https://wa.me/6285711831107

Leave a Comment

Syarat dan Ketentuan Reservasi Online PM Travel

Syarat Dan Ketentuan Umum

  1. Wajib untuk memakai masker sebelum berangkat;
  2. Dengan ini Anda menyatakan persetujuan terhadap Persyaratan dan Ketentuan Penumpang PM Travel termasuk ketentuan reservasi;
  3. Anda akan mematuhi persyaratan dan ketentuan Reservasi, termasuk pembayaran, mematuhi semua aturan dan pembatasan mengenai ketersediaan tarif serta bertanggung jawab untuk semua biaya yang timbul dari penggunaan fasilitas Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com
  4. PM Travel berhak atas kebijaksanaan untuk mengubah, menyesuaikan, menambah atau menghapus salah satu syarat dan kondisi yang tercantum di sini, dan / atau mengubah, menangguhkan atau menghentikan setiap aspek dari Reservasi Online melalui situs website pm travel dan tidak diwajibkan untuk menyediakan pemberitahuan sebelum memasukkan salah satu perubahan di atas dan / atau modifikasi ke dalam Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com
  5. PM Travel akan menggunakan informasi pribadi yang Anda berikan melalui Fasilitas ini hanya untuk tujuan reservasi dan pencatatan database pelanggan tidak termasuk untuk penghitungan poin dalam program promo undian berhadiah yang dibuat oleh PM Travel.
  6. Anda tidak dibenarkan menggunakan fasilitas ini untuk tujuan yang melanggar hukum atau dilarang, termasuk untuk membuat reservasi yang tidak sah, spekulatif, palsu atau penipuan atau menjualnya kembali secara tidak sah. PM Travel dapat membatalkan atau menghentikan penggunaan Anda atas fasilitas ini setiap saat tanpa pemberitahuan jika dicurigai.
  7. Tidak diperbolehkan melakukan reservasi kursi untuk penggunaan barang atau sejenisnya pada saat keberangkatan.
  8. PM Travel tidak menjamin bahwa Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com akan bebas kesalahan, bebas dari virus komputer atau elemen lain yang berbahaya.
  9. Syarat dan ketentuan fasilitas ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
  1. Syarat dan Ketentuan Reservasi
  1. Tarif & Waktu Keberangkatan
    1. Tarif sudah termasuk asuransi jasa raharja;
    2. Tarif yang berlaku adalah tarif umum sesuai dengan rute yang ada;
    3. Anak-anak berusia di atas 2 (dua) tahun akan dikenakan biaya penuh sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
    4. Setiap penumpang wajib memiliki Tiket yaitu dokumen sah yang berupa tiket elektronik dan tiket tercetak yang telah diatur dalam Surat Keputusan Direksi nomor 5 tentang Disain Tiket, Manifest, dan Kode Booking PM Travel
    5. Penumpang diharapkan tiba dilokasi pemberangkatan Outlet PM Travel paling lambat 15 menit sebelum waktu keberangkatan;
    6. Penumpang wajib menunjukkan bukti transaksi pembayaran yang telah dilakukan, untuk verifikasi pada saat keberangkatan.
  2. Barang Bawaan & Bagasi
    1. Barang yang tidak diperbolehkan diangkut sebagai bagasi tangan adalah binatang, narkotika psikotoprika dan zat adiktif lainnya, senjata api dan senjata tajam, semua barang yang mudah menyala/meledak, barang-barang yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan, berbau busuk, barang-barang yang menurut pertimbangan pegawai karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan, barang-barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
    2. Penumpang tidak dibolehkan membawa barang yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain;
    3. Penumpang hanya diperbolehkan membawa barang bawaan berupa 1 koper maksimal ukuran 24 inch dan 1 tas tenteng pribadi seperti tas laptop atau tas kamera.
    4. Diatas 24 inch akan dikenakan biaya bagasi.
    5. Barang bawaan seperti uang, logam mulia, perhiasan, instrumen yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi dan benda-benda berharga lainnya sebaiknya dibawa ke kursi duduk oleh penumpang. PM Travel tidak bertanggung jawab atas hilangnya benda-benda yang dibawa oleh penumpang.
  3. Lain-Lain
    1. PM Travel berhak untuk menolak memberikan jasa kepada penumpang yang dianggap membahayakan, mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang lain;
    2. Selama perjalanan PM Travel, tidak diperkenankan untuk merokok didalam kendaraan.
  1. Syarat dan Ketentuan Khusus
  1. Pembatalan dan Perubahan Reservasi
    1. Pembatalan Reservasi

Reservasi yang telah dilakukan melalui situs resmi web pmtravel.com dapat dibatalkan dengan ketentuan biaya pengembalian berupa Voucher dengan nilai 50% dari harga pembelian;

    1. Perubahan Waktu Keberangkatan
      • Perubahan waktu keberangkatan dapat dilakukan paling lambat 6 jam sebelum jam keberangkatan yang dipesan dan tidak akan dikenakan biaya tambahan (dengan catatan masih tersedia kursi kosong).
      • Setelah melewati batas waktu tersebut maka tidak diperbolehkan untuk mengubah jadwal keberangkatan.
      • Dan perubahan jadwal hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali.
      • Perubahan waktu keberangkatan dapat dilakukan melalui Outlet PM Travel atau menghubungi call center sesuai dengan ketentuan perubahan waktu keberangkatan.

Keterangan :

    • Bila terjadi pembatalan keberangkatan yang diakibatkan karena Kerusakan kendaraan dan atau force majeure seperti bencana alam banjir, gempa bumi, kerusuhan yang mengakibatkan penutupan jalan total, maka akan dilakukan pengembalian uang sesuai dengan tarif yang berlaku;
    • Bila dalam perjalanan, Armada PM Travel mengalami kerusakan dan pada saat penggantian Armada PM Travel menyebabkan penumpang menunggu lebih dari 1 (satu) jam maka akan diberikan kompensasi berupa voucher yang dapat digunakan 1 (satu) kali di semua outlet PM Travel;
  1. Jangka Waktu Reservasi
    1. Reservasi yang dilakukan melalui Website resmi pmtravel.com melayani reservasi kursi untuk jangka waktu maksimum adalah satu bulan ke depan dan batas waktu tercepat reservasi dua hari sebelum waktu keberangkatan;
    2. Setelah penumpang melakukan reservasi, maka akan mendapatkan konfirmasi kode pembayaran, penumpang dapat segera melakukan pembayaran berdasarkan kode pembayaran tersebut dan petunjuk pembayaran yang ada.
  1. Waktu Pembayaran
    1. Pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu paling lambat 2 (dua) jam dari waktu pemesanan online. Jika dalam waktu yang telah ditentukan belum dilakukan pembayaran maka secara otomatis pemesanan dianggap batal dan berhak menerima pemesanan dari penumpang lain;
    2. Penumpang dihimbau untuk selalu menyimpan bukti transaksinya guna verifikasi pada saat keberangkatan.
  2. Waktu Keberangkatan / CheckIn
    1. Mohon menunjukkan bukti transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan;
    2. Sebelum berangkat, penumpang wajib untuk melakukan CheckIn dengan memberikan kode CheckIn kepada Petugas Layanan Tiket;
    3. Apabila data yang ada dalam E-Ticket berbeda dengan data yang ada pada sistem reservasi kami, maka yang menjadi acuannya adalah data yang ada pada sistem reservasi.
    4. Bagi penumpang yang tidak dapat menunjukkan bukti transaksi & tidak dapat diverifikasi dari sistem online PM Travel pada saat keberangkatan, PM Travel berhak menolak dan atau membatalkan secara sepihak;
    5. Transaksi online yang dinyatakan berhasil akan dikirim email secara otomatis/auto mailer untuk penjelasan lebih lanjut atas reservasi atau kode booking dalam waktu maksimal 1×24 jam;
    6. Mohon tunjukkan print E-tiket yang dikirim melalui email atau sms konfirmasi transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan.