Liburan di Masa Pandemi dengan Menerapkan 6 Tren Terkini

Covid-19 membuat semua aktivitas di luar ruangan menjadi terbatas seperti halnya merencanakan untuk liburan di masa pandemi.

Bukannya tidak mungkin untuk berlibur di masa pandemi. Akan tetapi, terdapat hal-hal yang mesti diperhatikan lebih intens seperti tren baru bagaimana berlibur di masa pandemi.

Tren tersebut berkembang mengikuti seperti apa keadaan saat ini. Lalu apa saja trend liburan di masa pandemi dan apa yang harus dipersiapkan? Berikut adalah ulasannya.

Tren Liburan di Masa Pandemi

Tidak dapat dipungkiri bahwa liburan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Ini dilakukan untuk membunuh rasa jenuh ketika mesti bekerja dalam waktu yang cukup lama. Itulah alasannya kenapa liburan itu penting.

Meskipun di masa pandemi, Anda tetap bisa menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga dengan mengikuti tren liburan di masa pandemi sebagai berikut.

1. Back to Nature

Liburan di masa pandemi tetap dapat dilakukan dengan mengikuti tren “Back to Nature”. Anda bisa memilih destinasi wisata alam untuk melepas kepenatan selama bekerja di masa pandemi. Ini penting dilakukan demi menghilangkan stres dan mengembalikan energi positif.

Pilihlah destinasi wisata alam yang masih Asri atau Anda bisa memilih untuk mendaki gunung arum jeram bahkan menghabiskan waktu di tempat destinasi alam populer di sekitar Anda.

2. Light Traveling

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk liburan? Tujuh hari? Empat belas hari? Atau Anda sengaja mengambil jatah cuti tahunan demi menikmati liburan?

Di hari biasa, Anda boleh saja menghabiskan waktu yang lama untuk berlibur. Berbeda halnya jika Anda memilih liburan di masa pandemi. Anda mesti mempertimbangkan waktu yang tepat untuk berlibur. Selain itu Anda juga harus bersiap untuk mengambil “light travelling” atau libur dengan waktu yang singkat.

Alasannya, Anda mesti di karantina terlebih dahulu sebelum kembali bekerja. Belum lagi persebaran virus yang masih menghantui. Anda juga tidak bisa menjamin apakah Anda terpapar atau tidak. Namun, hal demikian mestinya tidak mengurungkan niat Anda untuk berlibur.

Pastikan diri selalu berada dalam keadaan sehat. Lakukan Swab Test terlebih dahulu. Jika dinyatakan negatif, Anda diperbolehkan untuk bepergian. Jangan lupa untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

3. Staycation

Apa itu staycation? Ini merupakan istilah yang ngetren semenjak masa pandemi. Staycation sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu “stay” dan “vacation”. Kata “stay” diartikan sebagai menetap, sedangkan “vacation” berarti liburan. Sederhananya, staycation adalah liburan ke tempat terdekat atau berlibur di kota sendiri.

Istilah staycation populer pada tahun 2008 di Amerika Serikat. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh krisis ekonomi pada waktu itu di mana para keluarga berusaha untuk meminimalisir pengeluaran untuk berlibur dengan memilih liburan di kota sendiri.

Meskipun demikian, staycation ampuh demi membunuh stress, menghilangkan kepenatan karena pekerjaan di masa pandemi, dan tentunya menghemat budget. Anda bisa memilih destinasi terdekat atau menyewa hotel favorit untuk menghabiskan liburan di masa pandemi.

4. Virtual Holiday

Ini merupakan pilihan alternatif jika Anda merasa takut untuk bepergian namun tetap ingin berlibur di masa pandemi. Anda dapat mengunjungi situs-situs yang menyediakan pilihan virtual holiday, menonton video di YouTube, hingga menghubungi layanan penyedia virtual holiday.

Dengan demikian, setidaknya Anda bisa merasakan liburan di masa pandemi yang menyenangkan meskipun itu hanyalah liburan virtual. Ini terbilang lebih aman dan tentunya terjangkau.

5. Roadtrip di Masa Pandemi

Alat transportasi apa yang biasanya Anda gunakan ketika berlibur, transportasi darat atau udara? Berlibur menggunakan transportasi umum tentunya sangat berisiko di masa pandemi ini.

Jika Anda bepergian dengan jarak tempuh yang tidak begitu jauh, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau roadtrip. Meskipun ini agak sedikit berbahaya, setidaknya roadtrip adalah upaya untuk mencegah persebaran virus. Dengan catatan bahwa Anda harus memastikan diri berada dalam keadaan sehat. Jagalah keamanan selama bepergian dengan membawa peralatan lengkap dan persediaan makanan yang cukup.

6. Wisata Kuliner

Liburan di masa pandemi tidak hanya sekedar menghabiskan waktu di suatu tempat. Anda bisa memilih untuk mengeksplorasi rasa seperti wisata kuliner. Lebih lagi jika Anda merupakan seorang foodie. Wow, ini adalah waktu yang tepat untuk mencuci selera.

Jadi, manfaatkan waktu sebaik mungkin. Pilih hari yang tepat untuk berlibur dan destinasi kuliner apa yang ingin Anda coba. Jangan lupa untuk menyiapkan anggarannya yaaah…

Photo by Charlotte May from Pexels

Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Liburan di Masa Pandemi

Sudah siap untuk berlibur di masa pandemi? Jika sudah, sejauh mana persiapan Anda? Yuk cek kembali!

1. Destinasi Wisata

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum liburan di masa pandemi adalah destinasi wisata. Pilihlah destinasi wisata yang mendukung keadaan saat ini. Jangan lupa untuk membawa peralatan yang lengkap demi keamanan dan kenyamanan bepergian.

2. Pastikan Diri dalam Keadaan Sehat

Mohon untuk jangan bepergian di kala sakit. Meskipun itu hanya penyakit ringan seperti bersin-bersin, flu, atau sejenisnya. Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita tidak tahu tentang siapa yang berpotensi menularkan penyakit. Lakukan swab test terlebih dahulu. Namun sebelumnya, Anda mesti divaksinasi demi menjaga imunitas.

3. Menerapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat Untuk Liburan di Masa Pandemi

Ingat yaaa… Menerapkan protokol kesehatan itu wajib hukumnya. Apalagi jika Anda akan bepergian seperti saat ini. Siapkan masker cadangan, hand sanitizer, tissue, dan lainnya sebagai antisipasi.

4. Mengantongi Promo Menarik

Tidak dipungkiri bahwa masa pandemi bukan halangan bagi penyedia jasa transpirtasi umum untuk memberikan promo menarik. Bahkan mereka sering menyediakan promo-promo terbaik di masa pandemi. Cek websitenya untuk memastikan yaaah!

5. Sedia Makanan yang Cukup

Bukan berarti bahwa Anda tidak akan menemukan warung atau penjual makanan di perjalanan. Sebaiknya, siapkan makanan yang cukup sebagai antisipasi. Bisa saja Anda mengalami kesulitan ketika membeli makanan atau menghadapi antrean panjang.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa tren baru berlibur di masa pandemi. Sudah siapkah anda untuk mengikuti tren tersebut? Jika Anda mesti berpergian di masa pandemi, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin,  terapkan protokol kesehatan, dan selalu memeriksa dan menyiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Jika butuh kendaraan roda empat untuk liburan stay vacation, kamu bisa kontak PM Travel – Layanan Agen Travel Purwodadi, menyediakan jasa rental mobil ataupun sewa elf long.

Leave a Comment

Syarat dan Ketentuan Reservasi Online PM Travel

Syarat Dan Ketentuan Umum

  1. Wajib untuk memakai masker sebelum berangkat;
  2. Dengan ini Anda menyatakan persetujuan terhadap Persyaratan dan Ketentuan Penumpang PM Travel termasuk ketentuan reservasi;
  3. Anda akan mematuhi persyaratan dan ketentuan Reservasi, termasuk pembayaran, mematuhi semua aturan dan pembatasan mengenai ketersediaan tarif serta bertanggung jawab untuk semua biaya yang timbul dari penggunaan fasilitas Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com
  4. PM Travel berhak atas kebijaksanaan untuk mengubah, menyesuaikan, menambah atau menghapus salah satu syarat dan kondisi yang tercantum di sini, dan / atau mengubah, menangguhkan atau menghentikan setiap aspek dari Reservasi Online melalui situs website pm travel dan tidak diwajibkan untuk menyediakan pemberitahuan sebelum memasukkan salah satu perubahan di atas dan / atau modifikasi ke dalam Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com
  5. PM Travel akan menggunakan informasi pribadi yang Anda berikan melalui Fasilitas ini hanya untuk tujuan reservasi dan pencatatan database pelanggan tidak termasuk untuk penghitungan poin dalam program promo undian berhadiah yang dibuat oleh PM Travel.
  6. Anda tidak dibenarkan menggunakan fasilitas ini untuk tujuan yang melanggar hukum atau dilarang, termasuk untuk membuat reservasi yang tidak sah, spekulatif, palsu atau penipuan atau menjualnya kembali secara tidak sah. PM Travel dapat membatalkan atau menghentikan penggunaan Anda atas fasilitas ini setiap saat tanpa pemberitahuan jika dicurigai.
  7. Tidak diperbolehkan melakukan reservasi kursi untuk penggunaan barang atau sejenisnya pada saat keberangkatan.
  8. PM Travel tidak menjamin bahwa Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com akan bebas kesalahan, bebas dari virus komputer atau elemen lain yang berbahaya.
  9. Syarat dan ketentuan fasilitas ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
  1. Syarat dan Ketentuan Reservasi
  1. Tarif & Waktu Keberangkatan
    1. Tarif sudah termasuk asuransi jasa raharja;
    2. Tarif yang berlaku adalah tarif umum sesuai dengan rute yang ada;
    3. Anak-anak berusia di atas 2 (dua) tahun akan dikenakan biaya penuh sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
    4. Setiap penumpang wajib memiliki Tiket yaitu dokumen sah yang berupa tiket elektronik dan tiket tercetak yang telah diatur dalam Surat Keputusan Direksi nomor 5 tentang Disain Tiket, Manifest, dan Kode Booking PM Travel
    5. Penumpang diharapkan tiba dilokasi pemberangkatan Outlet PM Travel paling lambat 15 menit sebelum waktu keberangkatan;
    6. Penumpang wajib menunjukkan bukti transaksi pembayaran yang telah dilakukan, untuk verifikasi pada saat keberangkatan.
  2. Barang Bawaan & Bagasi
    1. Barang yang tidak diperbolehkan diangkut sebagai bagasi tangan adalah binatang, narkotika psikotoprika dan zat adiktif lainnya, senjata api dan senjata tajam, semua barang yang mudah menyala/meledak, barang-barang yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan, berbau busuk, barang-barang yang menurut pertimbangan pegawai karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan, barang-barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
    2. Penumpang tidak dibolehkan membawa barang yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain;
    3. Penumpang hanya diperbolehkan membawa barang bawaan berupa 1 koper maksimal ukuran 24 inch dan 1 tas tenteng pribadi seperti tas laptop atau tas kamera.
    4. Diatas 24 inch akan dikenakan biaya bagasi.
    5. Barang bawaan seperti uang, logam mulia, perhiasan, instrumen yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi dan benda-benda berharga lainnya sebaiknya dibawa ke kursi duduk oleh penumpang. PM Travel tidak bertanggung jawab atas hilangnya benda-benda yang dibawa oleh penumpang.
  3. Lain-Lain
    1. PM Travel berhak untuk menolak memberikan jasa kepada penumpang yang dianggap membahayakan, mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang lain;
    2. Selama perjalanan PM Travel, tidak diperkenankan untuk merokok didalam kendaraan.
  1. Syarat dan Ketentuan Khusus
  1. Pembatalan dan Perubahan Reservasi
    1. Pembatalan Reservasi

Reservasi yang telah dilakukan melalui situs resmi web pmtravel.com dapat dibatalkan dengan ketentuan biaya pengembalian berupa Voucher dengan nilai 50% dari harga pembelian;

    1. Perubahan Waktu Keberangkatan
      • Perubahan waktu keberangkatan dapat dilakukan paling lambat 6 jam sebelum jam keberangkatan yang dipesan dan tidak akan dikenakan biaya tambahan (dengan catatan masih tersedia kursi kosong).
      • Setelah melewati batas waktu tersebut maka tidak diperbolehkan untuk mengubah jadwal keberangkatan.
      • Dan perubahan jadwal hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali.
      • Perubahan waktu keberangkatan dapat dilakukan melalui Outlet PM Travel atau menghubungi call center sesuai dengan ketentuan perubahan waktu keberangkatan.

Keterangan :

    • Bila terjadi pembatalan keberangkatan yang diakibatkan karena Kerusakan kendaraan dan atau force majeure seperti bencana alam banjir, gempa bumi, kerusuhan yang mengakibatkan penutupan jalan total, maka akan dilakukan pengembalian uang sesuai dengan tarif yang berlaku;
    • Bila dalam perjalanan, Armada PM Travel mengalami kerusakan dan pada saat penggantian Armada PM Travel menyebabkan penumpang menunggu lebih dari 1 (satu) jam maka akan diberikan kompensasi berupa voucher yang dapat digunakan 1 (satu) kali di semua outlet PM Travel;
  1. Jangka Waktu Reservasi
    1. Reservasi yang dilakukan melalui Website resmi pmtravel.com melayani reservasi kursi untuk jangka waktu maksimum adalah satu bulan ke depan dan batas waktu tercepat reservasi dua hari sebelum waktu keberangkatan;
    2. Setelah penumpang melakukan reservasi, maka akan mendapatkan konfirmasi kode pembayaran, penumpang dapat segera melakukan pembayaran berdasarkan kode pembayaran tersebut dan petunjuk pembayaran yang ada.
  1. Waktu Pembayaran
    1. Pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu paling lambat 2 (dua) jam dari waktu pemesanan online. Jika dalam waktu yang telah ditentukan belum dilakukan pembayaran maka secara otomatis pemesanan dianggap batal dan berhak menerima pemesanan dari penumpang lain;
    2. Penumpang dihimbau untuk selalu menyimpan bukti transaksinya guna verifikasi pada saat keberangkatan.
  2. Waktu Keberangkatan / CheckIn
    1. Mohon menunjukkan bukti transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan;
    2. Sebelum berangkat, penumpang wajib untuk melakukan CheckIn dengan memberikan kode CheckIn kepada Petugas Layanan Tiket;
    3. Apabila data yang ada dalam E-Ticket berbeda dengan data yang ada pada sistem reservasi kami, maka yang menjadi acuannya adalah data yang ada pada sistem reservasi.
    4. Bagi penumpang yang tidak dapat menunjukkan bukti transaksi & tidak dapat diverifikasi dari sistem online PM Travel pada saat keberangkatan, PM Travel berhak menolak dan atau membatalkan secara sepihak;
    5. Transaksi online yang dinyatakan berhasil akan dikirim email secara otomatis/auto mailer untuk penjelasan lebih lanjut atas reservasi atau kode booking dalam waktu maksimal 1×24 jam;
    6. Mohon tunjukkan print E-tiket yang dikirim melalui email atau sms konfirmasi transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan.