10 Makanan Khas Semarang Recommended Untuk Oleh-Oleh

Makanan khas Semarang memang terkenal lezat dan memiliki cita rasa yang berbeda. Sehingga, sayang rasanya jika tidak mencicipi seluruh makanan tersebut ketika berkunjung ke Semarang. Akan tetapi, tidak semua orang bisa berburu makanan tersebut dalam waktu terbatas.

Beruntungnya, beberapa makanan khas Semarang ada yang dikemas dan didesain agar dapat dinikmati kapan saja dan di mana. Lebih lagi, Anda bisa menjadikan makanan tersebut sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih.

1. Bandeng Presto

Bagi Anda penyuka makanan khas Semarang serba ikan, ini adalah rekomendasi yang paling tepat untuk dicicipi. Apalagi saat ini bandeng presto sudah dikemas dalam kemasan untuk oleh-oleh.

Bandeng presto merupakan makanan khas terbaik Semarang yang dibuat dengan cara menghilangkan tulang ikan bandeng. Melenyapkan duri pada ikan bandeng tersebut dilakukan dengan cara memanfaatkan tekanan uap air. Namun sebelumnya, ikan bandeng diberi bumbu terlebih dahulu seperti garam, kunyit, dan bawang putih.

2. Kue Sarang Madu

Bagi Anda penyuka jajanan tempo doeloe, kue sarang madu adalah rekomendasi yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh ketika berada di Semarang. Kue yang memiliki cita rasa gurih dan manis ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Biasanya, terdapat gula merah kental yang mengering sebagai toppingnya.

Jika ingin menjadikan kue sarang madu sebagai oleh-oleh, jangan lupa untuk memperhatikan tempat penyimpanannya yaa… Ini karena kue sarang madu begitu rapuh sehingga rentan pecah dan hancur.

3. Spekkoek

Bagi mereka yang bukan warga asli Semarang, mungkin ini adalah makanan khas Semarang yang asing di telinga. Namanya mungkin tidak begitu familiar, sekilas ini terlihat seperti kue lapis legit.

Kue yang identik dengan warna kuning dan cokelat berlapis ini sebenarnya bukanlah makanan khas Semarang. Namun, seiring banyaknya produsen kue lapis legit menjadikan kota Semarang mempunyai ikon tersendiri. Tepatnya, spekkoek adalah perpaduan lapis mandarin dan lapis legit itu sendiri.

Tidak hanya itu saja, spekkoek memiliki beragam varian yang nikmat. Beberapa di antaranya adalah spekkoek nougat, spekkoek cokelat, kukis spekkoek, dan lontong spekkoek dengab varian cappuccino dan cokelat.

4. Lumpia

Rasanya kurang lengkap jika ke Semarang tidak mencicipi lumpia. Ya, makanan khas Semarang yang satu ini kian mudah untuk didapatkan. Lebih lagi, saat ini lumpia sudah dikemas kekinian dan bisa dijadikan oleh-oleh. Jadi, bagi Anda yang tidak sempat berburu lumpia, Anda bisa memilih lumpia dalam kemasan untuk dibawa pulang.

Lumpia atau spring roll terbuat dari adonan tepung terigu untuk bagian kulitnya. Sementara itu, isian lumpia terdiri atas telur orak-arik, daging ayam, rebung, potongan sayuran, dan ebi. Lumpia disajikan bersama cabai rawit dan acar mentimun.

5. Rempeyek Tumpi

https://media.karousell.com/

Jika biasanya peyek atau rempeyek ditaburi kacang dan ebi, berbeda hualnya dengan makanan khas Semarang yang satu ini. Bumbu dan bahan dasar pembuatan rempeyek ini tetap sama dengan rempeyek pada umumnya. Akan tetapi, perbedaannya terletak pada pilihan toping rempeyek itu sendiri.

Rempeyek tumpi merupakan rempeyek yang ditaburi dengan kacang hijau. Rasanya begitu gurih dan nikmat. Untuk membawanya sebagai oleh-oleh, Anda dapat berkunjung ke Desa Lerep tempat di mana pusat industri rempeyek terkenal di Semarang.

6. Roti Ganjal Rem

Pilihan kuliner berikutnya yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh adalah roti ganjal rem. Kuliner yang satu ini terlihat seperti alat musik gambang, tersusun seperti kotak berwarna cokelat dengan taburan wijen yang nikmat.

Lantas, kenapa dinamakan dengan “roti ganjel rem”? Ini karena tekstur makanan khas Semarang yang satu ini memang mirip seperti ganjalan rel kereta api yang keras. Meskipun demikian, roti ganjal rem memiliki rasa yang lezat dan diklaim baik untuk pencernaan karena kaya akan serat.

7. Torakur

Torakur merupakan akronim dari “tomat rasa kurma”. Ini adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Bandungan. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh asli Semarang yang satu ini berbahan dasar tomat serta gula. Nantinya, kedua bahan diolah hingga menyerupai kurma.

pembuatan torakur membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu. Proses awal dimulai dengan memilih dan mencuci tomat, menusuk tomat, lalu merendamnya di dalam air kapur. Setelah itu, tomat dibersihkan kembali lalu direbus dengan penambahan gula. Setelah matang, tomat yang sudah dimasak akan dikeringkan.

Banyak yang penasaran seperti apa rasa torakur, lalu memutuskan untuk membelinya. FYI, makanan khas Semarang yang satu ini memiliki cita rasa yang mirip seperti kurma dan memiliki masa penyimpanan yang cukup lama meskipun tanpa pengawet.

8. Wingko Babat

Siapa sih yang tidak mengenal wingko? Hampir setiap orang yang bepergian ke Semarang pasti memilih makanan tradisional ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan orang terkasih.

Wingko babat merupakan makanan khas Semarang yang terbuat dari campuran parutan kelapa muda dan tepung ketan. Saat ini, wingko babat memiliki beragam varian rasa yang lezat seperti pisang, durian, cokelat, dan lainnya.

9. Wingko Roll

Wingko Roll merupakan inovasi dari wingko babat. Ya, sesuai dengan namanya, wingko roll dibuat dengan cara digulung. Sekilas, penampakannya terlihat seperti bolu gulung. Namun, bahan yang digunakan berasal dari komposisi wingko babat, lembaran cake, dan aneka toping.

Inovasi wingko ini dipopulerkan oleh Dewi Sandra. Bentuknya yang unik dan topingnya yang menarik membuat makanan asli Semarang ini sayang untuk dilewati.

10. Moaci

Ini merupakan makanan khas Semarang yang sering dijadikan oleh-oleh. Sekilas, kue moaci terlihat seperti onde-onde atau kue mochi Jepang. Tentu saja itu berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari bahan dasar pembuatan hingga variasi kekiniannya.

Ya, seiring perkembangan zaman, kue moaci tidak hanya sebatas makanan yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang. Kue moaci kini dibuat dengan beragam warna dan rasa. Anda bisa memilih varian rasa apa saja yang akan dijadikan oleh-oleh. Beberapa di antaranya adalah moaci pandan, stroberi, durian, dan cokelat.

Nah, itulah sepuluh makanan khas Semarang yang bisa dijadikan sebagaj referensi oleh-oleh. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa mengunjungi gerai terdekat atau memesannya secara online jika terkendala oleh waktu.

Jika kamu memiliki rencana travelling ke Semarang, jangan lupa untuk kontak PM Travel – Agen Travel Semarang Purwodadi Terpercaya yang siap membantu kamu untuk stay vacation keliling semarang.

Leave a Comment

Syarat dan Ketentuan Reservasi Online PM Travel

Syarat Dan Ketentuan Umum

  1. Wajib untuk memakai masker sebelum berangkat;
  2. Dengan ini Anda menyatakan persetujuan terhadap Persyaratan dan Ketentuan Penumpang PM Travel termasuk ketentuan reservasi;
  3. Anda akan mematuhi persyaratan dan ketentuan Reservasi, termasuk pembayaran, mematuhi semua aturan dan pembatasan mengenai ketersediaan tarif serta bertanggung jawab untuk semua biaya yang timbul dari penggunaan fasilitas Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com
  4. PM Travel berhak atas kebijaksanaan untuk mengubah, menyesuaikan, menambah atau menghapus salah satu syarat dan kondisi yang tercantum di sini, dan / atau mengubah, menangguhkan atau menghentikan setiap aspek dari Reservasi Online melalui situs website pm travel dan tidak diwajibkan untuk menyediakan pemberitahuan sebelum memasukkan salah satu perubahan di atas dan / atau modifikasi ke dalam Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com
  5. PM Travel akan menggunakan informasi pribadi yang Anda berikan melalui Fasilitas ini hanya untuk tujuan reservasi dan pencatatan database pelanggan tidak termasuk untuk penghitungan poin dalam program promo undian berhadiah yang dibuat oleh PM Travel.
  6. Anda tidak dibenarkan menggunakan fasilitas ini untuk tujuan yang melanggar hukum atau dilarang, termasuk untuk membuat reservasi yang tidak sah, spekulatif, palsu atau penipuan atau menjualnya kembali secara tidak sah. PM Travel dapat membatalkan atau menghentikan penggunaan Anda atas fasilitas ini setiap saat tanpa pemberitahuan jika dicurigai.
  7. Tidak diperbolehkan melakukan reservasi kursi untuk penggunaan barang atau sejenisnya pada saat keberangkatan.
  8. PM Travel tidak menjamin bahwa Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com akan bebas kesalahan, bebas dari virus komputer atau elemen lain yang berbahaya.
  9. Syarat dan ketentuan fasilitas ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
  1. Syarat dan Ketentuan Reservasi
  1. Tarif & Waktu Keberangkatan
    1. Tarif sudah termasuk asuransi jasa raharja;
    2. Tarif yang berlaku adalah tarif umum sesuai dengan rute yang ada;
    3. Anak-anak berusia di atas 2 (dua) tahun akan dikenakan biaya penuh sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
    4. Setiap penumpang wajib memiliki Tiket yaitu dokumen sah yang berupa tiket elektronik dan tiket tercetak yang telah diatur dalam Surat Keputusan Direksi nomor 5 tentang Disain Tiket, Manifest, dan Kode Booking PM Travel
    5. Penumpang diharapkan tiba dilokasi pemberangkatan Outlet PM Travel paling lambat 15 menit sebelum waktu keberangkatan;
    6. Penumpang wajib menunjukkan bukti transaksi pembayaran yang telah dilakukan, untuk verifikasi pada saat keberangkatan.
  2. Barang Bawaan & Bagasi
    1. Barang yang tidak diperbolehkan diangkut sebagai bagasi tangan adalah binatang, narkotika psikotoprika dan zat adiktif lainnya, senjata api dan senjata tajam, semua barang yang mudah menyala/meledak, barang-barang yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan, berbau busuk, barang-barang yang menurut pertimbangan pegawai karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan, barang-barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
    2. Penumpang tidak dibolehkan membawa barang yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain;
    3. Penumpang hanya diperbolehkan membawa barang bawaan berupa 1 koper maksimal ukuran 24 inch dan 1 tas tenteng pribadi seperti tas laptop atau tas kamera.
    4. Diatas 24 inch akan dikenakan biaya bagasi.
    5. Barang bawaan seperti uang, logam mulia, perhiasan, instrumen yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi dan benda-benda berharga lainnya sebaiknya dibawa ke kursi duduk oleh penumpang. PM Travel tidak bertanggung jawab atas hilangnya benda-benda yang dibawa oleh penumpang.
  3. Lain-Lain
    1. PM Travel berhak untuk menolak memberikan jasa kepada penumpang yang dianggap membahayakan, mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang lain;
    2. Selama perjalanan PM Travel, tidak diperkenankan untuk merokok didalam kendaraan.
  1. Syarat dan Ketentuan Khusus
  1. Pembatalan dan Perubahan Reservasi
    1. Pembatalan Reservasi

Reservasi yang telah dilakukan melalui situs resmi web pmtravel.com dapat dibatalkan dengan ketentuan biaya pengembalian berupa Voucher dengan nilai 50% dari harga pembelian;

    1. Perubahan Waktu Keberangkatan
      • Perubahan waktu keberangkatan dapat dilakukan paling lambat 6 jam sebelum jam keberangkatan yang dipesan dan tidak akan dikenakan biaya tambahan (dengan catatan masih tersedia kursi kosong).
      • Setelah melewati batas waktu tersebut maka tidak diperbolehkan untuk mengubah jadwal keberangkatan.
      • Dan perubahan jadwal hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali.
      • Perubahan waktu keberangkatan dapat dilakukan melalui Outlet PM Travel atau menghubungi call center sesuai dengan ketentuan perubahan waktu keberangkatan.

Keterangan :

    • Bila terjadi pembatalan keberangkatan yang diakibatkan karena Kerusakan kendaraan dan atau force majeure seperti bencana alam banjir, gempa bumi, kerusuhan yang mengakibatkan penutupan jalan total, maka akan dilakukan pengembalian uang sesuai dengan tarif yang berlaku;
    • Bila dalam perjalanan, Armada PM Travel mengalami kerusakan dan pada saat penggantian Armada PM Travel menyebabkan penumpang menunggu lebih dari 1 (satu) jam maka akan diberikan kompensasi berupa voucher yang dapat digunakan 1 (satu) kali di semua outlet PM Travel;
  1. Jangka Waktu Reservasi
    1. Reservasi yang dilakukan melalui Website resmi pmtravel.com melayani reservasi kursi untuk jangka waktu maksimum adalah satu bulan ke depan dan batas waktu tercepat reservasi dua hari sebelum waktu keberangkatan;
    2. Setelah penumpang melakukan reservasi, maka akan mendapatkan konfirmasi kode pembayaran, penumpang dapat segera melakukan pembayaran berdasarkan kode pembayaran tersebut dan petunjuk pembayaran yang ada.
  1. Waktu Pembayaran
    1. Pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu paling lambat 2 (dua) jam dari waktu pemesanan online. Jika dalam waktu yang telah ditentukan belum dilakukan pembayaran maka secara otomatis pemesanan dianggap batal dan berhak menerima pemesanan dari penumpang lain;
    2. Penumpang dihimbau untuk selalu menyimpan bukti transaksinya guna verifikasi pada saat keberangkatan.
  2. Waktu Keberangkatan / CheckIn
    1. Mohon menunjukkan bukti transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan;
    2. Sebelum berangkat, penumpang wajib untuk melakukan CheckIn dengan memberikan kode CheckIn kepada Petugas Layanan Tiket;
    3. Apabila data yang ada dalam E-Ticket berbeda dengan data yang ada pada sistem reservasi kami, maka yang menjadi acuannya adalah data yang ada pada sistem reservasi.
    4. Bagi penumpang yang tidak dapat menunjukkan bukti transaksi & tidak dapat diverifikasi dari sistem online PM Travel pada saat keberangkatan, PM Travel berhak menolak dan atau membatalkan secara sepihak;
    5. Transaksi online yang dinyatakan berhasil akan dikirim email secara otomatis/auto mailer untuk penjelasan lebih lanjut atas reservasi atau kode booking dalam waktu maksimal 1×24 jam;
    6. Mohon tunjukkan print E-tiket yang dikirim melalui email atau sms konfirmasi transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan.