5 Tips Travelling Aman Ke Mana Saja Pasca PPKM

Berniat untuk travelling setelah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Mungkin Anda mesti survive ekstra dengan keadaan sekarang ini. Namun, jangan khawatir jika liburan impian Anda tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tenang saja, Anda tetap bisa berlibur dalam keadaan saat ini dengan menerapkan tips travelling aman ke mana saja pasca PPKM.

Lalu, apa saja tips bepergian tersebut? Berikut adalah ulasan yang harus dipelajari, dipahami, dan diterapkan sebelum ber-travelling ria.

Tips Travelling Anti Ribet dengan Menyiapkan Segala Hal yang Dibutuhkan

Apa yang sering Anda persiapkan untuk dibawa pada saat travelling? Makanan? Minuman? Pakaian?

Sebelum pandemi melanda dunia, travelling adalah hal wajib yang harus dilakukan dalam periode weekend. Sekarang, keadaannya sudah berbeda. Menyiapkan makanan, minuman, dan pakaian tidaklah cukup sebagai bekal liburan di masa pandemi.

Anda mesti menyiapkan โ€œbenda-benda baruโ€ untuk menyesuaikan diri dengan keadaan pandemi seperti saat ini. Jadi, apa yang harus dibawa untuk travelling pasca PPKM? Berikut poin-poinnya.

1. Hand Sanitizer

Sebagai pengganti cuci tangan dalam keadaan darurat, Anda disarankan untuk membawa hand sanitizer dengan kadar alkohol 60-70%.

2. Sabun

Meskipun Anda sudah membawa hand sanitizer, tetap sediakan sabun cuci atau detergent dalam tas Anda. Siapa tahu Anda menemukan sumber air dengan mudah. Selain itu, detergent juga berfungsi untuk membersihkan pakaian dengan mudah tanpa harus mencari tempat menjualnya di destinasi travelling Anda.

3. Tisu Basah

Tisu basah diperlukan untuk mengelap peralatan jika Anda bepergian menggunakan kendaraan umum. Ini adalah alternatif terbaik untuk berjaga-jaga.

4. Masker

Saat ini, masker sudah menjadi kebutuhan sehari-hari layaknya pakaian. Itulah sebabnya kenapa Anda harus menyiapkan masker ekstra untuk โ€œberjaga-jagaโ€.

5. Makanan dan Air Minum

Ini merupakan kebutuhan pokok yang harus ada. Lebih lagi ketika Anda melakukan bepergian di masa pandemi seperti sekarang ini. Penting kiranya untuk membawa perlengkapan makanan lengkap demi mencegah penyebaran virus.

6. Kartu

Apa yang dimaksud dengan kartu? Ini merupakan semua kartu yang harus dibawa ketika travelling termasuk kartu identitas, debit atau kredit, hingga kartu vaksin. Bawalah semua kartu yang dianggap penting saat bepergian ke mana saja.

7. Obat-obatan dan Termometer

Perubahan tempat hingga cuaca membuat tubuh harus beradaptasi. Kerap kali cara beradaptasi tubuh kita disertai dengan gangguan kesehatan. Seperti halnya demam, bersin-bersin, batuk, dan lainnya. Itulah sebabnya kenapa Anda harus membawa obat-obatan dan termometer.

8. Hasil Test Covid-19

Biasanya, ini merupakan syarat utama dalam melakukan perjalanan. Untuk itu, Anda harus melakukan tes covid-19 sehari sebelum keberangkatan.

Tips Travelling dengan Naik Kendaraan Umum

Jasa sewa bus atau kendaraan umum adalah alternatif yang berguna untuk mempermudah bepergian. Anda tidak perlu repot memikirkan tempat parkir kendaraan, menyetir, dan sebagainya.

Namun, apakah aman jika bepergian dengan kendaraan umum di masa seperti ini? Jika tidak memungkinkan untuk bepergian dengan kendaraan pribadi, Anda boleh menyewa kendaraan atau memilih kendaraan umum. Terapkan beberapa hal yang mesti dilakukan untuk meminimalisir penularan.

Bawalah hand sanitizer dan semprotlah tangan Anda setelah memegang atau menyentuh sesuatu. Upayakan untuk tidak menerima jenis makanan, minuman, permen, atau majalah yang ditawarkan oleh penumpang lain atau bentuk fasilitas penumpang. Teruslah mengenakan masker dan jangan melepas masker jika tidak berada dalam keadaan darurat.

Tips Travelling Aman dengan Memperhatikan Tempat Penginapan

Jika Anda harus menginap, pilihlah hotel atau penginapan yang sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Cek review mereka di website dan bagaimana cara mereka mendukung program pemerintah dalam menangani covid-19.

  • Apakah penginapan yang dipilih menerapkan pembatasan sosial?
  • Perhatikan seluruh staff. Apakah mereka menggunakan masker?
  • Apakah mereka menerapkan pembayaran non-tunai?
  • Bagaimana penanganan mereka terhadap tamu yang sakit? Periksa apakah mereka melakukan pembersihan dengan desinfektan atau tidak.

Selain mengecek pertanyaan di atas, Anda juga harus memastikan diri dalam keadaan aman. Pastikan semua peralatan yang digunakan di tempat penginapan tersebut terjaga kebersihannya.

Tips Travelling Aman Bagi Mereka yang Belum Vaksin

CDC atau Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa mereka yang telah divaksinasi secara lengkap, dapat bepergian ke mana saja. Namun, mereka tidak boleh abai terhadap protokol kesehatan.

Mereka yang sudah divaksinasi diizinkan untuk menaiki kendaraan umum tanpa melepas maskernya. Akan tetapi, bagaimana caranya bepergian dengan aman bagi mereka yang belum vaksin? Cek tips travelling berikut yaaaโ€ฆ

  • Melakukan tes covid-19 dalam 1-3 hari sebelum bepergian.
  • Mengenakan masker di mana pun berada. Baik di dalam kendaraan, pusat perbelanjaan, dan lainnya.
  • Atur jarak dengan orang lain.
  • Rajin mencuci tangan atau membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70%.
  • Melakukan tes covid-19 begitu tiba di tempat asal dan karantina selama tujuh hari.
  • Jika hasil tes covid-19 positif, lakukan karantina selama 10 hari untuk mencegah penyebaran virus.

Tips Travelling Aman ke Luar Negeri di Masa Pandemi

Hal terpenting yang perlu diingat untuk berpergian ke luar negeri adalah menerapkan peraturan yang diberlakukan. Baik itu di tempat tujuan maupun di negara asal.  

Sebelum bepergian, tentukan negara tujuan Anda terlebih dahulu. Cek negara apa saja yang menerima pengunjung asing saat ini. Lalu, cek peraturan yang diberlakukan oleh mereka.

Sebelum bepergian, pastikan diri Anda berada dalam keadaan sehat dan negatif Covid-19. Tunjukkan bukti test swab, test PCR, atau tes lainnya yang berlaku di waktu yang sama.

Apabila Anda sudah tiba di tempat tujuan, lakukan karantina selama seminggu. Terus terapkan protokol kesehatan di mana saja Anda berada.

Ketika Anda akan kembali ke negara asal, Anda diminta untuk melakukan pre-departure test. Ikuti peraturan yang ada dan lakukan karantina jika sudah tiba di negara asal selama 10 hari.

Akhir Kata

Meskipun terlihat spele, tips travelling pasca PPKM perlu dipraktikkan untuk meminimalisir risiko. Sehingga, libur yang tadinya terkesan tidak mungkin diwujudkan, akhirnya bisa terwujudkan dengan luar biasa. Tapi, jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan tetapkan destinasi wisata yang aman.

Jika Anda masih kurang yakin untuk bepergian ke tempat yang sedikit jauh, Anda bisa memilih untuk staycation. Cek di sini yuk untuk info tentang staycation.

Bingung mau Staycation ke Semarang, Solo, Blora, Surabaya ataupun Yogyakarta tapi ngga ada kendaraan? Tenang..PM Travel – Agen Travel Terbaik di Purwadi bisa jadi pilihan kamu untuk bepergian keluar kota. Apalagi PM Travel sudah menerapkan protokol kesehatan ketat, jadi lebih nyaman dan aman saat travelling.

Leave a Comment

Syarat dan Ketentuan Reservasi Online PM Travel

Syarat Dan Ketentuan Umum

  1. Wajib untuk memakai masker sebelum berangkat;
  2. Dengan ini Anda menyatakan persetujuan terhadap Persyaratan dan Ketentuan Penumpang PM Travel termasuk ketentuan reservasi;
  3. Anda akan mematuhi persyaratan dan ketentuan Reservasi, termasuk pembayaran, mematuhi semua aturan dan pembatasan mengenai ketersediaan tarif serta bertanggung jawab untuk semua biaya yang timbul dari penggunaan fasilitas Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com
  4. PM Travel berhak atas kebijaksanaan untuk mengubah, menyesuaikan, menambah atau menghapus salah satu syarat dan kondisi yang tercantum di sini, dan / atau mengubah, menangguhkan atau menghentikan setiap aspek dari Reservasi Online melalui situs website pm travel dan tidak diwajibkan untuk menyediakan pemberitahuan sebelum memasukkan salah satu perubahan di atas dan / atau modifikasi ke dalam Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com
  5. PM Travel akan menggunakan informasi pribadi yang Anda berikan melalui Fasilitas ini hanya untuk tujuan reservasi dan pencatatan database pelanggan tidak termasuk untuk penghitungan poin dalam program promo undian berhadiah yang dibuat oleh PM Travel.
  6. Anda tidak dibenarkan menggunakan fasilitas ini untuk tujuan yang melanggar hukum atau dilarang, termasuk untuk membuat reservasi yang tidak sah, spekulatif, palsu atau penipuan atau menjualnya kembali secara tidak sah. PM Travel dapat membatalkan atau menghentikan penggunaan Anda atas fasilitas ini setiap saat tanpa pemberitahuan jika dicurigai.
  7. Tidak diperbolehkan melakukan reservasi kursi untuk penggunaan barang atau sejenisnya pada saat keberangkatan.
  8. PM Travel tidak menjamin bahwa Reservasi Online melalui situs website pmtravel.com akan bebas kesalahan, bebas dari virus komputer atau elemen lain yang berbahaya.
  9. Syarat dan ketentuan fasilitas ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
  1. Syarat dan Ketentuan Reservasi
  1. Tarif & Waktu Keberangkatan
    1. Tarif sudah termasuk asuransi jasa raharja;
    2. Tarif yang berlaku adalah tarif umum sesuai dengan rute yang ada;
    3. Anak-anak berusia di atas 2 (dua) tahun akan dikenakan biaya penuh sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
    4. Setiap penumpang wajib memiliki Tiket yaitu dokumen sah yang berupa tiket elektronik dan tiket tercetak yang telah diatur dalam Surat Keputusan Direksi nomor 5 tentang Disain Tiket, Manifest, dan Kode Booking PM Travel
    5. Penumpang diharapkan tiba dilokasi pemberangkatan Outlet PM Travel paling lambat 15 menit sebelum waktu keberangkatan;
    6. Penumpang wajib menunjukkan bukti transaksi pembayaran yang telah dilakukan, untuk verifikasi pada saat keberangkatan.
  2. Barang Bawaan & Bagasi
    1. Barang yang tidak diperbolehkan diangkut sebagai bagasi tangan adalah binatang, narkotika psikotoprika dan zat adiktif lainnya, senjata api dan senjata tajam, semua barang yang mudah menyala/meledak, barang-barang yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan, berbau busuk, barang-barang yang menurut pertimbangan pegawai karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan, barang-barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
    2. Penumpang tidak dibolehkan membawa barang yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain;
    3. Penumpang hanya diperbolehkan membawa barang bawaan berupa 1 koper maksimal ukuran 24 inch dan 1 tas tenteng pribadi seperti tas laptop atau tas kamera.
    4. Diatas 24 inch akan dikenakan biaya bagasi.
    5. Barang bawaan seperti uang, logam mulia, perhiasan, instrumen yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi dan benda-benda berharga lainnya sebaiknya dibawa ke kursi duduk oleh penumpang. PM Travel tidak bertanggung jawab atas hilangnya benda-benda yang dibawa oleh penumpang.
  3. Lain-Lain
    1. PM Travel berhak untuk menolak memberikan jasa kepada penumpang yang dianggap membahayakan, mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang lain;
    2. Selama perjalanan PM Travel, tidak diperkenankan untuk merokok didalam kendaraan.
  1. Syarat dan Ketentuan Khusus
  1. Pembatalan dan Perubahan Reservasi
    1. Pembatalan Reservasi

Reservasi yang telah dilakukan melalui situs resmi web pmtravel.com dapat dibatalkan dengan ketentuan biaya pengembalian berupa Voucher dengan nilai 50% dari harga pembelian;

    1. Perubahan Waktu Keberangkatan
      • Perubahan waktu keberangkatan dapat dilakukan paling lambat 6 jam sebelum jam keberangkatan yang dipesan dan tidak akan dikenakan biaya tambahan (dengan catatan masih tersedia kursi kosong).
      • Setelah melewati batas waktu tersebut maka tidak diperbolehkan untuk mengubah jadwal keberangkatan.
      • Dan perubahan jadwal hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali.
      • Perubahan waktu keberangkatan dapat dilakukan melalui Outlet PM Travel atau menghubungi call center sesuai dengan ketentuan perubahan waktu keberangkatan.

Keterangan :

    • Bila terjadi pembatalan keberangkatan yang diakibatkan karena Kerusakan kendaraan dan atau force majeure seperti bencana alam banjir, gempa bumi, kerusuhan yang mengakibatkan penutupan jalan total, maka akan dilakukan pengembalian uang sesuai dengan tarif yang berlaku;
    • Bila dalam perjalanan, Armada PM Travel mengalami kerusakan dan pada saat penggantian Armada PM Travel menyebabkan penumpang menunggu lebih dari 1 (satu) jam maka akan diberikan kompensasi berupa voucher yang dapat digunakan 1 (satu) kali di semua outlet PM Travel;
  1. Jangka Waktu Reservasi
    1. Reservasi yang dilakukan melalui Website resmi pmtravel.com melayani reservasi kursi untuk jangka waktu maksimum adalah satu bulan ke depan dan batas waktu tercepat reservasi dua hari sebelum waktu keberangkatan;
    2. Setelah penumpang melakukan reservasi, maka akan mendapatkan konfirmasi kode pembayaran, penumpang dapat segera melakukan pembayaran berdasarkan kode pembayaran tersebut dan petunjuk pembayaran yang ada.
  1. Waktu Pembayaran
    1. Pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu paling lambat 2 (dua) jam dari waktu pemesanan online. Jika dalam waktu yang telah ditentukan belum dilakukan pembayaran maka secara otomatis pemesanan dianggap batal dan berhak menerima pemesanan dari penumpang lain;
    2. Penumpang dihimbau untuk selalu menyimpan bukti transaksinya guna verifikasi pada saat keberangkatan.
  2. Waktu Keberangkatan / CheckIn
    1. Mohon menunjukkan bukti transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan;
    2. Sebelum berangkat, penumpang wajib untuk melakukan CheckIn dengan memberikan kode CheckIn kepada Petugas Layanan Tiket;
    3. Apabila data yang ada dalam E-Ticket berbeda dengan data yang ada pada sistem reservasi kami, maka yang menjadi acuannya adalah data yang ada pada sistem reservasi.
    4. Bagi penumpang yang tidak dapat menunjukkan bukti transaksi & tidak dapat diverifikasi dari sistem online PM Travel pada saat keberangkatan, PM Travel berhak menolak dan atau membatalkan secara sepihak;
    5. Transaksi online yang dinyatakan berhasil akan dikirim email secara otomatis/auto mailer untuk penjelasan lebih lanjut atas reservasi atau kode booking dalam waktu maksimal 1×24 jam;
    6. Mohon tunjukkan print E-tiket yang dikirim melalui email atau sms konfirmasi transaksi online yang berhasil pada saat keberangkatan.